Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Anak PraSekolah Di Paud SPS Lentera Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Yulita, Erma
Advisor:
Hasnita, Evi
Indreswati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Perkembangan anak prasekolah, Pengetahuan, Pola asuh, Sikap.
DOI:
-
Abstract :
Perkembangan anak prasekolah adalah pertambahan ukuran, kemampuan, fungsi tubuh lebih kompleks. Di Indonesia 11,5% anak mengalami kelainan pertumbuhan dan perkembangan. Bukittinggi, puskesmas mandiangin merupakan angka paling rendah 45,76% capian DDTK dengan lingkup paud SPS Lentera. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan anak prasekolah di Paud SPS Lentera Bukittinggi Tahun 2017. Jenis peneltian survey analitik dengan cross sectional. Penelitian di lakukan Paud SPS Lentera September 2017. Populasi seluruh ibu dan balita, pengambilan sampel Total sampling. Jumlah sampel 37 orang. Jenis data penelitian primer dengan format pengumpulan data. Dianalisa dengan univariat dan bivariat menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian 45,9% perkembangan anak suspect, 64,9% pengetahuan tinggi, 59% pola asuh baik, dan 73% sikap positif. Hasil bivariat hubungan pengetahuan dengan perkembangan anak dengan p value = 0,012, pola asuh dengan perkembangan anak p value = 0,004, sikap dengan perkembangan anak p = 0,003. Disimpulkan resiko yang berhubungan dengan perkembangan anak adalah pengetahuan, pola asuh, dan sikap. Upaya yang dilakukan memberikan penyuluhan tentang perkembangan anak pada orang tua di paud SPS Lentera.
Download From Google Drive