Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Ayu, Nona Novita
Advisor:
Putri, Nita Tri
Indreswati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Riwayat Penyakit Kehamilan, Kekurangan Energi Kronik, Pekerjaan Ibu dan Kejadian BBLR.
DOI:
-
Abstract :
BBLR memberikan konstribusi besar 60%-80% dari semua kematian neonatal. Berdasarkan data awal di lihat dari Medical Record jumlah bayi yanglahir dengan BBLR di RSUDDR. Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2016 sebanyak 183 kasus, naik jika dibandingkan dengan tahun 2017 sebanyak 201 kasus yang lahir dengan BBLR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017. Jumlah populasi yaitu sebanyak 920 Ibu bersalin pada bulan Januari-Agustus tahun 2017 dengan Total Sampling sebanyak 920 ibu bersalin. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar chek list pada tanggal 21-30September 2017. Analisa data disajikan dengan analisa univariat dan analisa bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian didapatkan 53,6% responden ada memiliki riwayat penyakit kehamilan, 54,9% responden mengalami Kekurangan Energi Kronik, 53,8% responden ibu dengan kategori bekerja. Hasil statistik menunjukkan ada hubungan antara riwayat penyakit kehamilan (p=0,013), kekurangan energi kronik (p=0,016), pekerjaan ibu (p=0,000) dengan kejadian BBLR.
Kesimpulannya terdapat hubungan riwayat penyakit ibu, kekurangan energi kronik dan pekerjaan ibu dengan kejadian BBLR. Untuk itu diharapkan kepada ibu yang bekerja harus bisa membedakan aktivitas berat dengan ringan serta mengatur aktivitasnya dengan memperhatikan pola nutrisi dan istirahat ibu.
Download From Google Drive