Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD N 02 Aur Kuning Kec. Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Mandasari, Gita Putri
Advisor:
Nurhayati
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Prestasi Belajar , Status Gizi, Stunting.
DOI:
-
Abstract :
Dari hasil Rikesdas tahun 2016 diketahui status gizi buruk yaitu sebanyak 16,0%, dan gizi kurang yaitu sebanyak 21,1 % di Sumatera Barat, sedangkan untuk Kota Bukittinggi didapat proporsi anak dengan gizi kurang dari hasil rekapitulasi penjaringan kesehatan peserta didik di wilayah Bukittinggi tahun 2016 sebanyak 190 dari 3047 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SD N 02 Aur Kuning Kec.Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi tahun 2017. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 02 Aur Kuning Kec. Birugo Tigobaleh Kota Bukittinggi yang berjumlah 31 orang. Pengambilan sampel dengan tehnik total sampling yaitu berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat dengan menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 20 orang (64,5%) tidak mengalami stunting, dan 17 (54,8 %) prestasi baik. Hasil analisis bivariat diketahui tidak ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar siswa dimana p=0,343. Nilai dari Odd Ratio adalah 0,407 7,957. Dapat disimpulkan bahwa tidak tedapat hubungan yang bermakna antara status gizi Stunting dengan prestasi belajar siswa SD N 02 Aur Kuning Kec.Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Karena stunting merupakan status gizi masa lalu sehingga tidak ada hubungan dengan prestasi belajar anak saat ini.
Download From Google Drive