Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Plus Mandiangin Kota Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Rahmadhani, Sari
Advisor:
Nurdin
Hasnita, Evi
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Mutu Pelayanan Kesehatan.
DOI:
-
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat dipenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang baik dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan secara aman dan memuaskan pelanggan sesuai dengan norma dan etika yang baik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Plus Mandiangin Kota Bukittinggi Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. wawancara mendalam pada tanggal 08 September 2017 sampai 12 September 2017 di Puskesmas Plus Mandiangin Kota Bukittinggi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 orang untuk diminta keterangan meliputi : Kepala TU Puskesmas, 2 Petugas kesehatan dan 4 orang pasien yang berada di wilayah kerja Puskesmas Plus Mandiangin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan yang dibuat sesuai dengan peraturan pemerintahan, tenaga masih mencukupi, sarana prasarana sudah lengkap, dana pada puskesmas sudah mencukupi berasal dari BOK, APBD, JKN, pada komponen proses bukti fisik ada perbedaan pendapat dari petugas kesehatan dan pasien yaitu kekompakan pakaian petugas kesehatan, kehandalan petugas sudah baik, ketanggapan petugas pun sudah dilaksanakan dengan baik, perhatian dan jaminan petugas sudah dilakukan dengan baik, dan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Plus Mandiangin sudah dijalankan dengan baik, dan yang perlu ditingkatkan dari puskesmas yaitu peran dari tenaga kesehatan. Kendala dari petugas maupun pasien yaitu tempat puskesmas kurang strategis sehingga pasien yang datang harus diantar karena tidak adanya angkutan umum yang mengantar ke puskesmas. Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa mutu pelayanan kesehatan sudah dijalankan dengan baik hanya saja jumlah kunjungan belum mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir, yang perlu ditingkatkan yaitu dari tenaga kesehatan untuk turun kelapangan dan memantau kesehatan pasien agar selalu mengecek kesehatan dan berobat ke puskesmas. Untuk itu peneliti menyarankan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Puskesmas untuk mengambil kebijakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang akhirnya akan menghasilkan meningkatnya kunjungan pasien.
Download From Google Drive