Perbandingan Efektifitas Pijat Oxytocin Dengan Senam Nifas Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri Pada Ibu Post Partum Di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Dewi, Ira Cintia
Advisor:
Zuraida
Febriyeni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pijat oxytocin, senam nifas, tinggi fundus uteri.
DOI:
-
Abstract :
Penyebab utama kematian ibu yaitu hipertensi dalam kehamilan dan perdarahan post partum. Kasus perdarahan pada pada ibu post partum yang dirujuk tahun 2015 sebesar 10 orang sedangkan tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi 12 orang. Upaya pencegahan perdarahan post partum dapat dilakukan pijat oxytocin dan senam nifas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektifitas pijat oxytocin dengan senam nifas tergadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu post partum di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Tahun 2017.

Metode penelitian yang digunakan quasy eksperiment only post test design with a comparison group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang nifas di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan pada tanggan 18 September 12 Oktober 2017. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel 16 orang kelompok pijat oxytocin dan 16 orang kelompok senam nifas. Pengolahan data menggunakan uji statistik T Test Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan tinggi fundus uteri pada kelompok pijat oxcytocin adalah 7 cm dan rata-rata penurunan tinggi fundus uteri pada kelompok senam nifas adalah 8,3 cm. terdapat perbedaan yang signifikan penurunan tinggi fundus uteri antara kelompok pijat oxytocin dengan senam nifas (p Value : 0,0005) Senam nifas lebih efektif dalam membantu penurunan tinggi fundus uteri. Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk membuat program pelatihan senam nifas bagi tenaga kesehatan terutama bidan dan pelaksanaan senam nifas secara rutin baik di Puskemas maupun pada saat kunjungan rumah mengingat peran senam nifas dalam penurunan tinggi fundus uteri dan pencegahan perdarahan post partum.
Download From Google Drive