Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Bidan Desa dalam Pelaksanaan Standar Pelayanan Antenatal Care di Kabupaten Pasaman Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Fitrah, Wardatul
Advisor:
Wahyuni, Aria
Yesti, Yulia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Masa Kerja, Sikap, Motivasi, Sarana Prasarana, Kinerja Bidan.
DOI:
-
Abstract :
Kualitas pelayanan Antenatal care dilihat sebagai faktor yang mempengaruhi efektifitas, kepatuhan dan keberlanjutan asuhan. Kepuasan ibu hamil berhubungan dengan kualitas pelayanan Antenatal care yang disediakan, pelayanan Antenatal care yang berkualitas adalah pelayanan yang diberikan pada ibu hamil sesuai dengan standar pelayanan 10 T. Pelayanan pemeriksaan kehamilan merupakan kinerja yang dilakukan oleh bidan sebagai tenaga kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan desa dalam pelaksanan standar pelayanan Antenatal care di Kabupaten Pasaman tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain crossectional study. Objek penelitian adalah bidan desa di Kabupaten Pasaman. Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan diuji dengan uji ChiSquare dengan derajat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan bidan desa di Kabupaten Pasaman tahun 2017 yaitu sebanyak 50 (74,6%) memiliki masa kerja baru. 35 (52,2%) memiliki sikap positif, 34 (50,7%) memiliki motivasi positif. 37 (55,2%) memiliki sarana lengkap. Uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara masa kerja (p= 0,045), sikap (p= 0,0005), motivasi (p= 0,0005) dan sarana prasarana (p= 0,0005) dengan kinerja bidan dalam pelaksanaan standar pelayanan Antenatal care. Disimpulkan bahwa faktor yang paling berhubungan dengan kinerja bidan desa dalam pelaksanaan standar pelayanan Antenatal care adalah variabel sarana prasarana dengan (p=0,0005) dan (OR=15,333), diharapkan kepada bidan desa dan pihak puskesmas agar bisa melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan standar pelayana Antenatal care agar dihasilkan pelayanan yang berkulitas.
Download From Google Drive