Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswi DIV Kebidanan Semester II Stikes Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Andalusia, Lusi
Advisor:
Adriani
Medhyna, Vedjia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Motivasi, Minat, Kebutuhan, dan Lingkungan Keluarga.
DOI:
-
Abstract :
Motivasi merupakan dorongan dasar yang menggerakkan seseorang untuk bertindak untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswi DIV Kebidanan Semester II Stikes Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Juli 24 Agustus 2017, Berdasarkan Analisa Univariat dari 70 responden, berdasarkan Minat ada 45 orang (64,3%) yang kategori Rendah, berdasarkan Kebutuhan ada 36 orang (51,4%) yang kategori Tinggi, berdasarkan Lingkungan Keluarga ada 41 orang (58,6%) yang memiliki Lingkungan Keluarga kategori Mendukung, dan berdasarkan Motivasi Belajar ada 38 orang (54,3%) yang Tidak memiliki Motivasi Belajar. Pada Analisa Bivariat, Ada hubungan antara Minat dengan Motivasi Belajar, nilai p=0,003 dan OR=6,000, Ada hubungan antara Kebutuhan dengan Motivasi Belajar, nilai p=0,001 dan OR=6,273. Ada hubungan antara Lingkungan Keluarga dengan Motivasi Belajar, nilai p=0,002 dan OR=5,370. Kesimpulan dari Penelitian ini bahwa adanya hubungan yang bermakna antara Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswi DIV Kebidanan Semester II Stikes Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2017. Peneliti menyarankan agar lebih mengembangkan wawasan dan Kebutuhan tentang Motivasi Belajar.
Download From Google Drive