Efektifitas Pemberian TENS (Transcutaneous Eleltrical Nerve Stimulation) Dan Latihan Theraband Terhadap Penurunan Nyeri Pada Kondisi Osteoarthritis Knee Di RSUD Prof. M. Ali Hanafiah SM Batusangkar Pada Tahun 2017

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Sari, Indah Yelia
Advisor:
Yanti, Cici Apriza
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Osteoarhtritis, TENS, Latihan Theraband.
DOI:
-
Abstract :
Osteoarhtritis (OA) adalah penyakit sendi degeneratif yang terutama terjadi pada orang dengan usia lanjut dan ditandai oleh degenerasi kartilago artikularis. Data RSUD Prof. M. Ali Hanafiah SM Batusangkar pada tahun 2016 jumlah penderita osteoarhtritis knee sebanyak 320 orang dari 4929 kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Efektifitas TENS dan Latihan Theraband terhadap penurunan nyeri pada penderita Osteoarhtritis (OA) knee.
Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperiment yaitu One Group Pretest Postest. Penelitian ini dilaksanakan di Poli Fisioterapi RSUD Prof. M. Ali Hanafiah SM Batusangkar pada tanggal 23 Mei 10 Juni. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 orang. Data penderita penyakit OA diambil adalah nyeri pasien dengan menggunakan VAS.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata rata nyeri responden sebelum intervensi adalah 6,75 dan rata rata nyeri sesudah intervensi adalah 2,88. Hasil analisis statistic menunjukkan bahwa ada perbedaan rata rata nyeri sebelum dan setelah pemberian TENS dan Latihan Theraband dengan beda rata rata 3,87 dan p = 0,010 dengan Standar Deviasi 0,66.
Dapat disimpulkan bahwa ada Efektifitas Pemberian TENS dan Latihan Theraband Terhadap Penurunan Nyeri Pada Kondisi Osteoarhtritis Knee Di RSUD Prof. M. Ali Hanafiah SM Batusangkar. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti faktor faktor lain yang berpengaruh terhadap intensitas nyeri pada Osteoarhtritis (OA) knee.
Download From Google Drive