Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Kesehatan Reproduksi Siswi X-XII Di SMA Muhammadiyah Padang Panjang Barat. Tahun 2017

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Merantika, Sopia
Advisor:
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Kesehatan Reproduki Remaja.
DOI:
-
Abstract :
Di Indonesia terjadi 43 aborsi per 100 kelahiran hidup bahwa sebagian besar aborsi yang disengaja 78% wanita diperkotaan dan 40 % perdesaan yang melakukan aborsi dengan sengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap remaja putri tentang kesehatan reproduksi siwa X-XII di SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Padang Panjang pada bulan September 2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswi remaja yang ada di SMA Muhammadiyah Padang Panjang yaitu sebanyak 56 orang. Teknik sampling menggunakan total sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan analisa data dilakukan secara komputerisasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kurang dari separoh (40%) responden berpengetahuan tinggi, (45%) kurang dari separoh responden menunjukan respon sikap positif tentang masalah resiko kesehatan reproduksi remaja.
Dapat disimpulakan bahwa pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi remaja terlihat kurang baik dalam kesehatan reproduksi remaja. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak, baik masyarakat, instansi pendidikan dan khususnya bagi remaja untuk dapat lebih meningkatkan lagi kegiatan yang di berikan pendidikan kesehatan reproduksi.
Download From Google Drive