Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Peran Petugas Kesehatan Dengan Upaya Pencegahan Kejadian Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok Tahun 2017

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Ramadona, Shinta
Advisor:
Fatma, Fitria
Sari, Mila
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Diabetes, Peran Petugas, Pengetahuan, Sikap.
DOI:
-
Abstract :
Diabetes mellitus adalah kelainan yang terjadi karena masalah metabolisme yang paling sering terjadi secara global. Pada kelompok usia antara 20-79 ada sekitar 285 juta orang diperkirakan mengalami diabetes di seluruh dunia dalam survei tahun 2010, pada tahun 2030 sekitar 438 juta orang diperkirakan menderita diabetes di 70% negara berkembang. Diabetes mellitus berada di urutan keempat sebagai penyebab kematian di Kota Solok.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan peran petugas kesehatan dengan upaya pencegahan kejadian Diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi meliputi masyarakat yang berobat ke Puskesmas Tanah Garam dengan sampel diambil dengan teknik accidental sampling (126 reponden). Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data dilakukan secara analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square ( = 0,05) dan menghitung nilai Odds Ratio.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan bermakna secara berturut-turut antara pengetahuan (p = 0,000; OR=4,362), sikap (p = 0,007; OR=2,833), dan peran petugas kesehatan dengan upaya pencegahan kejadian Diabetes mellitus (p = 0,000; OR=4,624).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, dan peran petugas kesehatanmemiliki hubungan dengan upaya pencegahan kejadian Diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Garam Kota Solok. Diharapkan masyarakat dapat memeriksakan kesehatan secara dini ke fasilitas kesehatan apabila ditemukan gejala Diabetes serta petugas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan secara langsung datang ke rumah masyarakat baik dalam hal kunjungan maupun dalam memberikan penyuluhan.
Download From Google Drive