Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Murid Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 06 Pulai Anak Air Kota Bukittinggi Tahun 2015

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Putri, Rezi Arina
Advisor:
Lazdia, Wenny
Febrina, Wiwit
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Status gizi, Motivasi, Minat, Prestasi belajar
DOI:
-
Abstract :
Tujuan pembangunan nasional adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan secara berkelanjutan Salah satu upaya pokok dalam meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan yang dapat dinilai dari hasil belajar atau prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar murid kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Pulai Anak Air Kota Bukittinggi Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan kelas V SDN 06 Pulai Anak Air yang berjumlah 55 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling sehingga diharapkan sampel sebanyak 55 orang. Namun pada penelitian ini jumlah sampel penelitian hanya sebanyak 53 orang karena ditemukan 2 orang siswa yang tidak memenuhi kriteria pengambilan sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan secara komputerisasi meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa lebih dari separoh (52,8%) responden dengan status gizi baik, lebih dari separoh (52,8%) responden dengan motivasi belajar rendah, lebih dari separoh 69,8%) responden dengan minat belajar rendah dan sebagian besar (75,5%) responden dengan prestasi belajar kurang. Sedangkan hasil analisis univariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara status gizi ( p value = 0,02, OR = 7,441), motivasi ( p value= 0,031, OR = 5,556), dan minat (p value = 0,012, OR = 6,400) dengan prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa variabel status gizi, minat dan motivasi berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Untuk itu, diharapkan kepada semua pihak baik orang tua maupun pihak sekolah untuk dapat melakukan berbagai upaya dalam peningkatan motivasi, minat dan status gizi siswa dengan memberikan arahan tentang pola makan yang sehat agar siswa menjadi lebih bersemangat dan berprestasi dalam belajar.