Hubungan perilaku caring perawat dan komunikasi theraupeutik dengan tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat interne RSUD Prof. Dr. M Ali Hanafiah Batusangkar Tahun 2017

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Septiawan, Rahmat
Advisor:
Sulung, Neila
Yenni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kepuasan pasien, Komunikasi terapeutik, Perilaku caring.
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan keperawatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelayanan kesehatan. Karena keperawatan merupakan bagian intergral dari pelayanan kesehatan maka pelayanan keperawatan yang berkualitas merupakan salah satu indikator untuk menilai mutu suatu pelayanan kesehatan. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 10 pasien yang diwawancarai 3 orang mengatakan puas dengan pelayanan keperawatan, komunikasi perawat dengan pasien baik dan 7 orang mengatakan kurang puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prilaku caring perawat dan komunikasi theraupeutik dengan tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat interne RSUD Prof. Dr. M Ali Hanafiah Batusangkar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 173 orang dan sampelnya 42 orang dan cara pengambilan sampel dengan menggunakan Metode accidental sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2017. Pengukuran data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan uji Chi-square. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara perilaku caring (p = 0,000) nilai OR 25,000, dan komunikasi terapeutik (p = 0,000) nilai OR 44,000 dengan kepuasan pasien di ruangan rawat interne RSUD Prof. Dr. M Ali Hanafiah Batusangkar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku caring dan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien. Disarankan perlu adanya pengkayaan dan motivasi tentang pentingnya perilaku caring dan komunikasi terapeutik secara berkala serta melakukan evaluasi kepuasan pasien terhadap perilaku caring dan komunikasi terapeutik perawat setiap bulannya.
Download From Google Drive