Hubungan Kinerja Tenaga Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Fitri, Yulfiona
Advisor:
Juwita, Lisavina
Wahyuni, Aria
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kinerja, tenaga kesehatan, kepuasan asien, dokter, perawat, Farmasi, Gizi
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan pasien banyak dipengaruhi secara langsung oleh mutu pelayanan dan sumber daya yang diberikan rumah sakit, sebagian besar keluhan pasien menyangkut tentang keberadaan petugas yang dinilai pasien tidak profesional dalam memberikan pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kinerja tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Kota Padang Panjang.
Metode Penelitian yang di gunakakan adalah deskriptif analitik melalui pendekatan cross sectional dan dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 30 Juni 2016 dengan jumlah sampel 60 orang melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan kuesioner dan observasi, dan diolah serta dilakukan analisa univariat dan bivariat melalui uji chi-square pada program komputer.
Hasil penelitian untuk tenaga kesehatan secara keseluruhan dengan kepuasan pasien diperoleh nilai p value = 0.3 dan apabila di rinci nilai p value = 0.087 kinerja perawat dengan kepuasan pasien, p value = 0.004 OR = 0.21 kinerja dokter dengan kepuasan pasien, p value = 0.03 OR = 3.33 antara kinerja farmasi dengan kepuasan pasien dan pvalue = 0.23 OR= 0.52 antara hubungan kinerja gizi dengan kepuasan pasien dengan nilai = 0.05.
Kesimpulan dalam penelitian ini tidak ada hubungan antara kinerja tenaga kesehatan, kinerja perawat dan tenaga gizi dengan kepuasan pasien sedangkan kinerja dokter dan tenaga farmasi terdapat hubungan dengan kepuasan pasien rawat inap. Disarankan untuk tenaga kesehatan saling mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan secara optimal melalui kerjasama tim sehingga terbentuk gugus kendali mutu serta meningkatkan komunikasi teraupetik terhadap pasien di ruang rawat inap.