Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Kelas III Interna di RSUD Rokan Hulu Provinsi Riau Tahun 2017

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Puspita, Miki
Advisor:
Sulung, Neila
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
BPJS Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan.
DOI:
-
Abstract :
BPJS Kesehatan diperlukan untuk bertanggung jawab dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan, dimana badan tersebut harus memberikan mutu pelayanan yang baik agar dapat tercapainya kepuasan pelanggan. Pelayanan yang bermutu terdiri dari tangible, reliability, responsibility,assurance dan emphaty. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap kelas III Interna di RSUD Rokan Hulu Riau Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan design deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi penelitian ini adalah 271 orang pasien BPJS atau keluarga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan bermakna antara assurance p-value 0,030, emphaty p-value 0,001 dan responsiveness p-value 0,004 dengan kepuasan pasien BPJS. Beda halnya dengan tangible p-value 0,058 dan reliablity p-value 0,062 yang secara statistik tidak menunjukkan adanya hubungan bermakna dengan kepuasan pasien BPJS. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS adalah assurance, emphaty dan reponsibility. Sedangkan dua dimensi yang tidak berhubungan adalah tangible dan reliablity. Maka dari itu, diharapkan RSUD Rokan Hulu bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan untuk BPJS kesehatan memiliki peranan penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien.
Download From Google Drive