Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kemampuan Perawatan Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB N 01 Ganting dan SDLB Al-Azhar Bukittinggi Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Anisa, Azinta Diah
Advisor:
Nurhayati
Dewi, Ratna
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Dukungan keluarga, dukungan sekolah, Perawatan diri anak Tunagrahita.
DOI:
-
Abstract :
Masalah ketergantungan perawatan diri sering terdapat di kelompok anak, sangat tua, orang yang sakit atau orang yang cacat. Ketergantungan perawatan diri dijelaskan oleh WHO sebagai ketidakmampuan untuk melakukan kegiatan harian seperti mempertahankan kebersihan diri, makan, dan kesehatan akan bahaya sebagai salah satu masalah terbesar dalam kesehatan di dunia. Istilah Self - Care atau perawatan diri, biasanya digunakan untuk anak usia sekolah yang memang diharapkan telah mampu menguasai meningkatkan keterampilan melindungi dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kemampuan Perawatan Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB N 01 Ganting dan SDLB Al-Azhar Bukittinggi Tahun 2016 Desain Penelitian adalah deskriptif Analitik dengan pendekatan cross sectionall, dimana pemgambilan data variabel independen dan dependen dilakukan secara bersamaaan dengan sampel sebanyak 51 orang tua dan 9 guru dari anak tunagrahita dan pengolahan data Chi Square test. Hasil penelitian didapatkan, lebih dari separuh (66.7%) responden memiliki dukungan keluarga yang baik dalam Kemampuan Perawatan Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan dengan nilai OR value 0.378. Terdapat hubungan pihak sekolah dengan Kemampuan Perawatan Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB N 01 Ganting dan SDLB Al-Azhar Bukittinggi Tahun 2016. dengan nilai OR value 3.152. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan dukungan pihak sekolah terhadap perawatan diri anak tunagrahita ringan di SDLB N 01 Ganting dan SDLB Al-Azhar Kota Bukittinggi dan diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber informasi dan untuk dapat dilaksanakan oleh keluarga, pihak sekolah, dan perawat dalam kemampuan perawatan diri pada anak tunagrahita ringan.
Download From Google Drive