Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Peserta BPJS Di Ruangan Ponek RSUD Arosuka Kab Solok Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Zahara, Eti
Advisor:
Hasnita, Evi
Rifdi, Febriniwati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Prosedur pelayanan, Sarana dan Prasarana, Kompetensi dan Kualitas Pelayanan.
DOI:
-
Abstract :
Kualitas suatu pelayanan kesehatan dinilai baik apabila pelayanan kesehatan yang diselenggarakan tersebut dapat menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk yang menjadi sasaran utama pelayanan kesehatan. Data pencapaian indikator kinerja pelayanan di rumah sakit tahun 2014 RSUD Arosuka berdasarkan Bed Occupancy Ratio (BOR) atau angka penggunaan tempat tidur, Average Length of Stay (ALOS) atau rata-rata lamnya pasien dirawat dan Turn Over Interval (TOI) atau tenggang perputaran pada tahun 2014 bahwa BOR di RSUD Arosuka masih rendah yaitu 17,3% dan ALOS 3,1%. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas pelayanan pasien peserta BPJS di Ruangan Ponek RSUD Arosuka Kab Solok Tahun 2017. Penelitian yang bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Penelitian telah dilakukan pada tanggal 6 sampai 20 Februari 2017 dengan populasi pada penelitian adalah pasien yang menggunakan Pelayanan BPJS di Ruangan Ponek RSUD Arosuka. Teknik pengambilan sampel adalah Accidental sampling berjumlah 36 orang data dikumpulkan dengan cara wawancara kemudian data diolah secara komputerisasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan lebih dari sebagian 19 orang (52,8%) responden menyatakan prosedur Ruang Ponek baik, lebih dari sebagian 20 orang (55,6 %) responden menyatakan sarana pelayanan lengkap, lebih dari sebagian 23 orang (63,9 %) responden menyatakan kompetensi petugas kesehatan baik, lebih dari sebagian 20 orang (55,6 %) responden menyatakan kualitas pelayanan kurang baik berdasarkan analisis terdapat hubungan antara prosedur pelayanan (p value = 0,04 dan OR 5,571), sarana dan prasana (p value = 0,002 dan OR 9,333) dan kompetensi petugas kesehatan (p value = 0,022 dan OR 8,556) dengan kualitas pelayanan pasien peserta BPJS di Ruangan Ponek RSUD Arosuka Kab Solok Tahun 2017. Disimpulkan bahwa yang paling berhubungan terhadap kualitas pelayanan BPJS di Ruangan Ponek adalah sarana dan prasaran. Sebagai bahan informasi dan masukan dalam upaya peningkatan dan pengembangan kualitas pelayanan kesehatan terutama bagian Pelayanan BPJS diRSUD ArosukaKabupaten Solok.
Download From Google Drive