Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Penanganan Awal Diare Pada Balita Di Rumah Di Wilayah Kerja Puskesmas Tapus Kabupaten Pasaman Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Andriani, Trisna
Advisor:
Nurhayati
Zuraida
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pengetahuan, Sikap, Sumber Informasi, Penanganan Awal Diare.
DOI:
-
Abstract :
Penyakit diare merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Apalagi ditinjau dari angka kesakitan dan angka kematian. Angka kasus diare pada tahun 2015 diwilayah kerja Puskesmas Tapus 32,11% terjadi pada balita, dan meningkat pada tahun 2016 kasus diare pada balita mencapai 42,21%. Peran ibu sangatlah penting dalam mengatasi hal ini, karena itu butuh penanganan awal diare yang sesuai pada balita.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Faktorfaktor yang berhubungan dengan Penanganan Awal diare pada Balita di rumah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif Analitik dengan desain Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah responden yang memiliki balita dan pernah mengalami diare yaitu berjumlah 424 ibu. Teknik pengambilan sampel dengan rumus slovin yaitu sebanyak 82 responden. Cara penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dengan metode pengisian Kuesioner. Waktu penelitian pada bulan Februari 2017. Analisis data menggunakan uji statistic chi square.
Hasil penelitian didapatkan 63,4% memiliki pengetahuan rendah, 61% memiliki sikap negatif, 56,1% memiliki Sumber Informasi Kurang Baik dan 62,2% Tidak Sesuai dalam Penanganan awal diare pada balita. Hasil uji statistic chi square mempunyai hubungan antara pengetahuan p = 0,004 dan OR = 4,5, Sikap p = 0,007 dan OR = 4,047, Sumber Informasi p = 0,002, OR = 5,040 dengan Penanganan Awal Diare. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan bermakna antara Pengetahuan, Sikap dan Sumber Informasi dengan Penanganan Awal Diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Tapus tahun 2017. Disarankan kepada ibu/keluarga agar meningkatkan kepedulian kesehatan, seperti mempersiapkan oralit dirumah.
Download From Google Drive