Hubungan Mutu Pelayanan ANC dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Seberang Padang Kota Padang Tahun 2016

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Yusrialmi, Sherli Prima
Advisor:
Fizran
Fitri, Nina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kepuasan, Mutu.
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan ibu hamil berhubungan dengan mutu pelayanan ANC yang disediakan. Pasien yang merasa puas akan kembali berkunjung untuk melakukan pemeriksaan ANC. Dari 22 Puskesmas yang ada di Kota Padang, Puskesmas dengan kunjungan ANC terendah diperolah oleh Puskesmas Seberang Padang yaitu sebesar (67,66%) dengan target seharusnya 95%. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan ANC dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Seberang Padang Kota Padang tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Seberang Padang tanggal 5 Desember 2016- 4 Januari 2017. Dengan populasi sebanyak 367 orang, dan sampel sebanyak 40 orang yang diambil secara accidental sampling. Penelitian dilakukan dari menggunakan sistem komputerisasi dan dianalisa secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan dari Uji Chic-square bahwasannya ada hubungan antara dimensi mutu responsiveness (p value : 0,002), dimensi mutu reliability (p value : 0,000), dimensi mutu assurance (p value : 0,000), dimensi mutu empathy (p value : 0,000), dimensi mutu tangibles (p value : 0.000), dan mutu pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Puskemas Seberang Padang Kota Padang Tahun 2016 (p value : 0.000). Dari hasil penelitian disimpulkan, ada Hubungan Mutu Pelayanan ANC dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Seberang Padang. Saran penelitian ini agar Puskesmas Seberang Kota Padang dapat meningkatkan berbagai aspek pelayanan sesuai dengan dimensi mutu pelayanan ANC sehingga menimbulkan kepuasan ibu hamil.
Download From Google Drive