Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Kebidanan RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Nurlis
Advisor:
Hasnita, Evi
Wahyuni, Aria

ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Faktor-faktor, Kepuasan Pasien, BPJS.
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan pasien adalah salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit pelayanan dinilai memuaskan jika dapat memenuhi harapan pasiennya. Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan harus memahami kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang dilayaninya dalam menentukan cara yang paling efektif menyelenggarakan pelayanan kesehatan bermutu. Survey awal terhadap 10 pasien BPJS diperoleh informasi bahwa 6 orang kecewa dengan kenyataan yang mereka terima dalam penggunaan kartu BPJS. 7 orang berpendapat bahwa mereka akan langsung mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan hanya membawa kartu BPJS asli, 6 orang menyatakan bahwa prosedur layanan BPJS kurang baik karena harus melalui prosedur yang rumit dan tidak semudah prosedur pasien umum, dan 6 orang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan petugas. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktorfaktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari Februari 2017. Populasi adalah seluruh pasien yang dirawat di ruang kebidanan RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh, dengan pengambilan sampel secara accidental sampling, berjumlah 204 orang. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil analisis univariat diketahui 63,2 % responden menyatakan kurang puas dengan pelayanan BPJS, 72,1 % prosedur pelayanan kurang baik, 52,9% memiliki pemahaman yang baik dan 55,9 % menyatakan kecepatan petugas baik. Hasil bivariat ada hubungan prosedur pelayanan (p = 0,000 dan OR = 5,946) dan kecepatan petugas dengan kepuasan pasien (p = 0,026 dan OR = 2,031), serta tidak ada hubungan pemahaman pasien (p = 0,925) dengan kepuasan paien. Disimpulkan bahwa faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS adalah prosedur pelayanan dan kecepatan petugas. Diharapkan pada petugas di Ruang Kebidanan agar mensosialisasikan tentang pelayanan BPJS kepada pasien pengguna kartu BPJS, dengan menyediakan brosur atau leaflet tentang persyaratan dan prosedur pelayanan BPJS di ruang kebidanan.
Download From Google Drive