Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Ruang PONEK RSUD Pariaman Tahun 2017

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Sapitri, Mailian
Advisor:
Hasnita, Evi
Femelia, Welly
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, PONEK.
DOI:
-
Abstract :
Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas pemenuhan standar PONEK RSUD Pariaman telah dilaksanakan sejak tahun 2013 demi tercapainya kepuasan pasien. Dari survey awal diketahui belum semua tenaga Bidan di ruang PONEK yang telah mengikuti pelatihan PONEK, APN, dan Resusitasi BBL, tidak ada tenaga perawat di ruang PONEK, RSUD Pariaman tidak memiliki Bank Darah dan ruang Perinatoogi terpisah dari PONEK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di ruang PONEK RSUD Pariaman. Dengan responden sebanyak 10 orang, satu orang Direktur RSUD Pariaman, empat orang bidan yang memberikan pelayanan dan lima orang pasien yang mendapat pelayanan di ruang PONEK RSUD Pariaman. Penelitian dilakukan tanggal 22 Maret 2017 sampai dengan 01 April 2017. Hasil penelitian diketahui Program Kinerja PONEK berdasarkan PMK 1501/menkes/2008, sarana prasarana masih terbatas, pelaksanaan evaluasi kinerja tidak sesuai perencanaan. Bidan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Hal yang menjadi hambatan kepuasan pasien yaitu kurangnya empati dari bidan, bidan tidak mau memberi informasi tentang penyakit yang diderita dan tindakan yang akan dilakukan terhadap pasien. Kepuasan pasien sesuai dengan teori SERVQUAL. hambatannya Pasien merasa tidak bisa mengungkapkan kejujurannya akan ketidakpuasan yang dialaminya. Disarankan pihak rumah sakit selalu melakukan survey seperti memberi kuesioner atau kotak saran, agar mengetahui hal-hal yang sudah membuat pasien puas dan halhal yang masih kurang.
Download From Google Drive