Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pasien Di Poli KIA Puskesmas Biaro Kabupaten Agam Tahun 2016

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Erfina, Dila
Advisor:
Nurhayati
Yanti, Cici Apriza
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Di Poli KIA.
DOI:
-
Abstract :
Survey awal yang peneliti lakukan di Puskesmas Biaro kabupaten agam tahun 2016 di dapatkan jumlah kunjungan di Poli KIA dari Januari Juni 2016 sebanyak 274 orang, rata-rata perharihanya 3 - 4 orang. Tinggi atau rendahnya kunjungan pasien bisa disebabkan karena kepuasan pasien pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Untuk itu Penulis tertarik ingin mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli KIA Puskesmas Biaro Kapubaten Agam yang diteliti pada bulan Oktober 2016. Jenis penelitian ini menggunakan Deskriptif Analitic dengan desain penelitian Cross Sectional. Metode pengambilan yang digunakan adalah Acidental Sampling yaitu responden yang kebetulan ada pada waktu tersebut, dengan populasi sebanyak 274 dan sampel yang digunakan sebanyak 73 orang sampel. Dengan menggunakan uji statisticchi squaredengan tingkat95 % Hasil penelitian yang didapatkan (57,5%) dimensi bukti fisik baik. Sebesar (61,6 %) dimensi kehandalan tidak baik. Sebesar (53,4 %) dimensi daya tanggap baik. Sebesar (60,3%) dimensi jaminan tidak baik. Sebesar (57,5%) dimensi perhatian tidak baik. Sebesar (55,1%) jumlah kualitas pelayanan tidak baik. Sebesar (56,2%) dimensi kepuasan tidak baik. Sebesar (57,1%) dengan P=Value 0,015 danOR3,833 hubungan dimensi bukti fisik dengan kepuasan tidak baik. Sebesar (77,8%) dengan P=Value 0,000 danOR12,833 hubungan dimensi kehandalan dengan kepuasan tidak baik. Sebesar (57,1%) dengan P=Value 0,050 dan OR 2,889 hubungan dimensi daya tanggap dengan kepuasan tidak baik. Sebesar (81,9%) dengan P=Value 0,000 danOR 12,600 hubungan dimensi jaminan dengan kepuasan tidak baik. Sebesar (83,3%) dengan P=Value 0,000 dan OR 20,833 hubungan dimensi perhatian dengan kepuasan tidak baik. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan masih rendah, untuk itu diharapkan kepada tenaga kesehatan khususnya petugas di Poli KIA untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar pasien yang berkunjung merasa puas.
Download From Google Drive