Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Lubuk Sikaping Tahun 2015

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Handayani, Meri
Advisor:
Adriani
Febrina, Wiwit
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien.
DOI:
-
Abstract :
Komunikasi teraupetik merupakan inti dari pelayanan asuhan keperawatan dan juga suatu penentu mutu pelayanan serta citra rumah sakit. Akan tetapi, hal ini masih belum menjadi perhatian pokok perawat karena masih ditemukannya keluhan terhadap penerapan komunikasi teraupetik perawat seperti survei di RSUD Lubuk Sikaping pada tahun 2014 yaitu terdapat 10% keluhan sebagai salah satu penyebab ketidak puasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Lubuk Sikaping Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 230 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur kemudian dianalisis melalui uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% atau =0,05. Hasil penelitian ini yaitu lebih dari separoh responden sebesar 68,3% menyatakan penerapan komunikasi teraupetik perawat dinilai baik dan sebanyak 50,9% responden menyatakan tidak puas terhadap pelayanan berdasarkan uji statistik chi square dengan tingkat kemaknaan 5% didapati nilai p = 0,001 dan OR=2,63. Dalam penelitian ini terdapat adanya hubungan yang signifikan antara penerapan komunikasi teraupetik dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap RSUD Lubuk Sikaping tahun 2015. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan komunikasi teraupetik perawat semakin tinggi tingkat kepuasan klien terhadap pelayanan yang diberikan. Diharapkan pihak RSUD meningkatkan mutu pelayanan kesehatan khususnya dalam penerapan komunikasi tahapan-tahapan komunikasi teraupetik terutama dalam berkomunikasi dengan pasien sangat diharapkan kepada RSUD Lubuk Sikaping. Peneliti menyarankan untuk dapat mempertahankan komunikasi teraupetik sehingga dapat membrikan rasa puas bagi klien.
Download From Google Drive