Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Status Anak Dalam Keluarga Dan Status Tinggal Anak dengan Perkembangan Emosional Anak Di TK. Aisyiyah Ampang Kamang Hilia Kec. Kamang Magek Kab. Agam tahun 2014

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Yanny, Vinna Afri
Advisor:
Hasnita, Evi
Dewi, Ratna
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pola Asuh Orang Tua, Status Anak, Emosional Anak.
DOI:
-
Abstract :
Perkembangan emosional dapat dilatih pada anak-anak sejak usia dini. Salah satu aspeknya adalahkecerdasan sosial, dimana anak memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain serta bertindak bijaksana dalam hubungan antar manusia.Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, status anak dalam keluarga dan status tinggal anak dengan perkembangan emosional anak di TK. Aisyiyah Ampang Kamang Hilia Kec. Kamang Magek KAB. Agam Tahun 2014. Desain penelitiannya adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di TK. Aisyiyah Ampang Kamang Hilia Kec. Kamang Magek Kab. AgampadabulanDesember 2014. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang berjumlah 69 orang dengan laki-laki sebanyak 33 siswa dan perempuan sebanyak 36 siswa, beserta orang tua/wali murid yang bersekolah di TK. Aisyiyah Ampang Kamang Hilia Kec. Kamang Magek KAB. Agam. Pengambilan sampel dilakukan dengan secara total sampling. Dari hasil analisis univariat didapatkan pola asuh yang non demokratis. (63,2%), status anaktunggaldalamkeluarga (65,2%), tinggaldenganorangtua (78%)dan perkembanganemosional yang baik adalah 58 %. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara polaasuhorangtua(p=0,006;OR=5,3), status anak (p=0,00;OR=16,5) dan status tinggalanak (p= 0,00;OR=10)dengan perkembanganemosionalanak.
Dalam penelitian ini terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua, status anak dalam keluarga, status tinggal anak dengan perkembangan emosional anak. Diharapkan dengan adanya penelitian ini semua pihak lebih mengoptimalkan dalam menfasilitasi tugas perkembangan emosionalanak seperti menjaga komunikasi yang terbuka antara orang tua dengan anak, memberikan kebebasan bertanggung jawab dan adanya tata aturan yang jelas dalam keluarga dan masyarakat.
Download From Google Drive