Gambaran Faktor Yang Menyebabkan Pemberian Imunisasi Lengkap pada Bayi dan Balita di Puskesmas Kelurahan Tarok Dipo Kecamatan Guguak Panjang Tahun 2016

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Tyka, Nicki Wulan
Advisor:
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pemberian Imunisasi Lengkap, Bayi dan Balita.
DOI:
-
Abstract :
Imunisasi adalah suatu tindakan memberikan perlindungan dan kekebalan didalam tubuh bayi. Bayi yang belum mendapatkan imunisasi tidak mempunyai kekebalan spesifik terhadap kuman dan virus, tubuhnya tidak mampu melawan sehingga kuman akan berkembangbiak didalam tubuh yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat atau meninggal. Data pencapaian pemberian imunisasi dasar lengkap dilihat dari motivasi ibu yang tinggi, pekerjaan dan peran petugas kesehatan yang aktif dan baik dengan adanya dorongan dan masukan dari keluarga serta orang sekitar mengenai imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor yang menyebabkan pemberian imunisasi lengkap pada bayi dan balita di Puskesmas Kelurahan Tarok Dipo Kecamatan Guguak Panjang Tahun 2016. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16 Juni sampai 29 Juni 2016 di Puskesmas Tarok Dipo Kecamatan Guguak Panjang Tahun 2016 dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara pengambilannya secara acak dengan jumlah 80 orang ibu yang mempunyai bayi berusia 12-36 bulan. Dengan populasi sebanyak 399 orang dengan menggunakan analisa univariat.
Dari hasil penelitian diperoleh motivasi responden dalam kategori tinggi adalah 49 orang (61,2%), tercatat ibu yang bekerja sebanyak 64 orang (80%), dan terdapat peran petugas kesehatan dalam kategori tinggi adalah 42 orang (52,5%) dan sebagian responden yang pemberian imunisasi lengkap yaitu 58 orang (72,5%) . Dapat disimpulkan bahwa gambaran faktor yang menyebabkan pemberian imunisasi dasar lengkap adalah motivasi, pekerjaan dan peran petugas kesehatan. Jadi, diharapkan kepada pihak Puskesmas Tarok Dipo dapat membentuk komitmen petugas kesehatan untuk melaksanakan program imunisasi dengan baik, memberikan pelayanan yang baik serta mencapai target yang telah ditetapkan.
Download From Google Drive