Dampak Pemberian Hand Sanitizer Alami Daun Sirih Dan Lidah Buaya Terhadap Jumlah Kuman Pada Tangan Pedagang Kaki Lima Dimasa Covid-19

Categorie(s):
   Artikel Ilmiah
Author(s):
   Adriani, Neila Sulung, Abdi Iswahyudi
Advisor:

ISSN/ISBN:
2407 - 2664
eISSN/eISBN:

Volume:
8
Keyword(s):
Hand Sanitizer, Daun Sirih, Lidah Buaya
DOI:
http://dx.doi.org/10.32883/jph.v8i2.1588
Abstract :
Hand sanitizer merupakan suatu produk sediaan cair dan gel tanpa menggunakan air. Pembuatannya melalui ekstrak alami yang dapat membunuh bakteri seperti daun sirih dan lidah buaya. Tujuan penelitian ini adalah mengurangi angka kuman pada tangan seseorang.

Metode penelitian ini eksperiment murni dengan rancang Posttest Only Design. Dengan cara uji One Way Anova. Objek penelitiannya adalah bakteri pada tangan pedagang kaki lima di pasar bawah Bukittinggi dengan teknik pengambilan swab sesudah perlakuan. Dengan jumlah pengulangan sebanyak 3 kali pengulangan perlakuan pada total 27 orang sampel.

Didapatkan rata-rata jumlah angka kuman pada tangan dengan menggunakan hand sanitizer daun sirih adalah 14,33. Dan dengan lidah buaya rata-rata jumlah angka kuman adalah 23,78. Sementara hand sanitizer daun sirih ditambah dengan lidah buaya rata-rata jumlah angka kuman adalah 12,33. Hasil bivariat didapatkan p-value = 0,880 > = 0.05 artinya Ho diterima, maka tidak adanya perbedaan antara hand sanitizer daun sirih, lidah buaya, dan daun sirih dengan lidah buaya.

Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya perbedaan yang signifikan antara efektivitas hand sanitizer daun sirih, lidah buaya, dan daun sirih dengan lidah buaya terhadap penurunan angka kuman pada tangan. Maka dari itu diharapkan masyarakat terutama pedagang kaki lima dapat memanfaatkan bahan alami untuk pembuatan hand sanitizer.
  Download From Google Drive