Analisis Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Prof. Dr. M. A. Hanafiah Sm Batusangkar Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Sari, Dinny Indria
Advisor:
Asbiran, Nursal
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit.
DOI:
-
Abstract :
Mutu dan kualitas pelayanan rumah sakit berperan penting dalam pemenuhan indikator evaluasi kualitas pelayanan. Strategi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dapat dilakukan pada aspek kehandalan, jaminan, bukti fisik, perhatian, dan daya tanggap, serta waktu tunggu pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis, pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien di RSUD Prof. DR. MA. Hanafiah SM Batusangkar Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan explanatory sequential design dengan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner dan pendekatan kualititaf dengan wawancara mendalam dan observasi di RSUD Prof. DR.MA. Hanafiah Batusangkar. Sampel penelitian ini metode kuantitatif berjumlah 303 orang dan metode kualitatif 10 orang. Analisis data kuantitatif menggunakan komputerisasi dan untuk kualitatif dengan triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kuantitatif terdapat hubungan antara bukti fisik (p-value 0,000), aspek kehandalan (p-value 0,001), aspek daya tanggap (p-value 0,000), aspek jaminan (p-value 0,000), aspek perhatian (p-value 0,000), lama masa pengobatan (p-value 0,000) dan waktu tunggu pelayanan (p-value 0,000) dengan kepuasan pasien. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah perhatian (OR = 12,203). Analisis kualitatif berdasarkan input (kebijakan, SDM, sarana dan prasarana) sudah terlaksana, tetapi pelaksanaan dan pengorganisasian belum berjalan dengan optimal serta output masih belum mencapai target kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan terlaksananya pelayanan yang sesuai dengan kebijakan dan SPO yang berlaku di Rumah Sakit maka akan menciptakan kepuasan pasien. Diharapkan kepada rumah sakit dalam pelaksanaan pelayanan rawat jalan untuk diperbaiki sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan prima guna memenuhi kepuasan pasien.
Download From Google Drive