Analisis Standar Mutu Pelayanan Rawat Inap Di Rsud Mayjen H.A Thalib Kota Sungai Penuh Tahun 2022

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Juliandi, Jeri
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Mutu Pelayanan.
DOI:
-
Abstract :
Latar Belakang: Pada tahun 2019-2021 RSUD Mayjen HA Thalib mengalami penurunan kunjungan pasien setiap tahun nya, ini mengindikasikan bahwa pihak manajemen rumah sakit belum optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan keinginan pasien, untuk menciptakan rumah sakit yang baik harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggannya. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Standar Mutu Pelayanan Rawat Inap RSUD Mayjen H.A Thalib Kota Sungai Penuh. Metode Penelitian : Mixed methods yaitu kuantitatif dan kualitatif. yang mana total Sampel penelitian adalah 95 responden. Istrumen yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Penelitian ini mengembangkan instrumen berdasarkan modifikasi 'SERVQUAL' menggunakan lima dimensi kualitas layanan, yaitu: Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Dilakukan analisis bivariat uji chi-quare dan Uji Regresi Logistik Berganda. Analisis data kualitatif menggunakan metode solvin. Hasil : Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan uji chi square diperoleh ada hubungan yang bermakna yang mana Responsiveness (0,000) Reliability (keandalan) (0,000), Assurance (0,003), Empathy (0,003), Tangibles (0,000), terhadap pasien rawat Inap. Sementara Penelitian Kualitatif menunjukan aspek Tangibles (bukti fisik) yang paling dominan, terhadap kualitas pelayanan khususnya Tangibles berhubungan dengan mutu pelayanan. Kesimpulan: Standar Mutu Pelayanan rawat inap sudah baik dan sudah sesuai dengan SOP rawat inap di RSUD Mayjen H.A Thalib Kota Sungai Penuh namun diharapkan agar meningkatkan kinerja petugas Kesehatan, sarana prasarana sebagai cara untuk meningkatkan mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien dirumah sakit secara maksimal.
Download From Google Drive