Analisis Pelaksanaan Manajemen Vaksinasi Covid 19 Di Puskesmas Kota Sungai Penuh Tahun 2021

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Putra, Eko Purna
Advisor:
Hasnita, Evi
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pelaksanaan, Manjemen, Vaksinasi Covid 19.
DOI:
-
Abstract :
Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok masyarakat dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.
Metode penelitian adalah Penelitian kualitatif bersifat deskriptif, Analisis, interpretasi dengan pendekatan Etnografi yang mendiskripsikan suatu objek, fenomena, atau setting social dalam bentuk tulisan naratif yang dilaksanakan di 11 Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota sungai Penuh dengan jumlah informan 24 orang. Hasil penelitian menyebutkan bahwa masih ada tenaga pelaksana vaksinasi belum pernah mengikuti pelatihan dan kekurangan tenaga medis di satu puskesmas. Dinas Kesehatan tidak menganggarkan dana khusus vaksinasi covid 19 namaun ada beberapa Puskesmas yang menganggarkannya dari BOK. Sarana dan prasarana sudah mencukupi dan SOP pelaksanaan sudah tersedia. Pengelolaan vaksin terpuasat di instalasi farmasi, pencatatan dan pelaporan belum terlaksana secara lengkap dan belum terintegrasi, masih
adanya data yang belum terentri , data manual tdak singkron dengan online p-care, terdapat sasaran yang terlambat mendapatkan sertifikat, dan terjadinya kesenjangan antara capaian Kota dengan capaian di masing-masing wilayah yakni terdapat 6 Kecamatan yang capaiannya kurang dari 70%. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh menyusun perencaaan pelatihan vaksinator, menyiapkan anggaran khusus untuk vaksinasi, mengevaluasi sistem pengelolaan vaksin dan membangun sistem pencatatan dan pelaporan yang terintegrasi, berbasis wilah dan mampu menjamin data dapat diakses sesuai dengan kebutuhan. Sehingga capaian dapat tergambar dengan jelas untuk menghindari kesenjangan antara kumulatif Kota dan masing-masing wilayah.
Download From Google Drive