Efektivitas Pendidikan Kesehatan Melalui Sig (Simulation Game) Dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS Di Smkn 1 Bukittinggi Tahun 2021

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Wulandari, Humairah
Advisor:
Adriani
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pengetahuan, Sikap, HIV/AIDS.
DOI:
-
Abstract :
Remaja merupakan kelompok usia yang paling rentan dan beresiko terinfeksi HIV AIDS. Upaya pencegahan pada tingkat remaja sangat penting dilakukan. Dengan memberikan informasi tentang kebiasaan hidup sehat dan cara
pencegahan penyakit diharapkan akan terjadi peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku kesehatan dalam diri individu/kelompok sasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas Pendidikan Kesehatan Melalui Metode SIG (Simulation Game) dengan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS Di SMKN 1 Bukittingi. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest With Two Group Design. Sampel dalam penelitian 16 orang kelompok Simulation Game dan 16 orang kelompok Audio Visual. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil analisis bivariat menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulation game maupun audio visual mampu meberikan peningkatan terhadap perubahan tingkat pengetahuan (p value = 0,000 dan 0,001 ), sikap (p value = 0,000 dan 0,000). Tidak terdapat perbedaan peningkatan rata-rata yang signifikan pada kelompok simulation game dan audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja dimana pada pengetahuan nilai (p value= 0,257) dan pada sikap nilai (p value = 0,812). Dapat disimpulakan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas antara metode simulation game dan audio visual dalam promosi kesehatan. Saran kepada petugas kesehatan untuk dapat memberikan media yang lebih menarik agar penyampaian informasi mudah diterima sekaligus memberikan inovasi dalam melakukan penyuluhan.
Download From Google Drive