Evaluasi Kualitas Program Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Padang Panjang Tahun 2021

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Inayah, Annisa
Advisor:
Hasnita, Evi
Yasril, Abdi Iswahyudi
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Jaminan Kesehatan Nasional, Kualitas Pelayanan.
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan Kesehatan merupakan aspek kebutuhan yang paling penting bagi
kesejahteraan rakyat di dalam sebuah negara yang harus di perhatikan oleh pemerintah negara. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan program Asuransi Kesehatan Nasional dimana semua warga negara nya berhak menggunakan dan memperoleh pelayanan Kesehatan yang sama. Studi awal terhadap masyarakat dalam pelaksanaan pogram JKN diantaranya pelayanan yang tidak memuaskan dalam program JKN ditambah dengan adanya kondisi pandemic covid 19. Hal ini yang menjadi latar belakang sehingga diperlukan evaluasi kualitas program JKN terhadap kepuasan masyarakat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pelayanan JKN terhadap kepuasan masyarakat di masa pandemic covid 19 di Kota Padang Panjang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi, dengan melihat komponen Input, Proses dan Output dari Program Jaminan Kesehatan Nasional. Informan berjumlah 9 orang yang berasal dari 1 petugas program dan 8 masyarakat di wilayah Kota Padang Panjang. Penelitian ini dilakukan mulai 23 Agustus 8 September 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam observasi. Pengolahan data dengan mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan.
Untuk validitas data dilakukan observasi dan wawancara triangulasi. Hasil penelitian dari segi input dari Kebijakan seperti yang diterapkan sudah berjalan
lancar di kota Padang Panjang, untuk pelayanan dari tenaga kesehatan yang ada sudah cukup maksimal dan mampu dalam melayani masyarakat, untuk sarana/prasana sudah cukup memadai, efisien dan efektif di pelayanan kesehatan di kota Padang Panjang, dari segi proses perencanaan belum adanya sosialisasi terkait JKN, proses pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik karena partisipasi yang baik dari masyarakat kota Padang Panjang,
proses pengawasan sudah dilakukan namun belum secara rutin dilaksanakan untuk masyarakat. adapun dari segi output dapat dilihat bahwa pelayanan program JKN sudah cukup terlaksana dengan baik di masa pandemic covid 19 di kota Padang Panjang. Kesimpulan dari penelitian bahwa kualitas pelayanan program JKN di masa pandemic covid 19 di kota Padang Panjang sudah terlaksana dengan cukup baik dan maksimal. Saran melakukan sosialisasi mengenai program JKN untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan program yang telah ditetapkan pemerintah.
Download From Google Drive