Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Sepeda Motor Di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2021

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Putri, Indri Masthura
Advisor:
Nurdin
Oktavianis
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kecelakaan Lalu lintas, Kondisi Jalan,safety riding.
DOI:
-
Abstract :
Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian di dunia dengan rata-rata angka kematian 1000 anak dan remaja setiap harinya pada rentang usia 10-24 tahun. Saat ini kecelakaan transportasi jalan didunia telah mencapai 1,5 juta korban meninggal dan 35 juta korban luka-lukaatau cacat akibat kecelakaan lalu lintas pertahun. Di beberapa negara,cedera kepala diperkirakan mencapai 88% dari kematian akibat kecelakaan dijalan (WHO, 2018). Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor diwilayah Kabupaten Pasaman Barat.Sampel penelitian ini sebanyak 57 orang. Pengambilan sampel dengan accidental sampling, analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yang berpengaruh terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor adalah Tingkat Pendidikan (p-value =0,0001 dan OR=10),Umur (p-value =0,030 dan OR=3,92), Safety Riding (p-value =0,0001dan OR=29,27)
dan Kondisi Jalan (p-value =0,0001dan OR=13,88). Jadi, variabel yang paling berpengaruh terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor adalah Safety Riding.Disarankan untuk pengendara sepeda motor yang Safety Ridingnya
kurang baik agar lebih memperhatikan seluruh aspek Safety Ridingnya mulaisaat akan berkendara hingga selesai berkendara untuk meminimalisir resiko terjadinya Kecelakaan LaluLintas.
Download From Google Drive