Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Media Hand Lettering Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Murid SD N 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman Tahun 2021

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Putri, Wahidil
Advisor:
Hasnita, Evi
Novela, Vina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kesehatan Gigi, Pengetahuan, Pendidikan kesehatan, Handlettering.
DOI:
-
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan media Handlettering terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada urid SD Negeri 17 Sungai Pandahan Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penelitian di SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman Tahun 2021 yang didasari didapatkannya hasil studi pendahuluan bahwa 80% anak memiliki pengetahuan yang kurang tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut di SD Negeri 17 Sungai Pandahan. Desain penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest two group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu murid SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman sebanyak 15 orang, teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling berjumlah 15 sampel. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9-15 Agustus 2021. Hasil penelitian dengan uji paired t-test diperoleh rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan metode Handlettering yaitu 56,66 dan sd sebesar 14,96. Dan sesudahnya yaitu 72,66 dan sd sebesar 12,79. Perbedaan kedua variabel adalah 17. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa p-value sebesar 0,0005. Nilai 0,0005 < (0,05) artinya Ho diterima, yang berarti bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberi pendidikan kesehatan melalui media hand lettering tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut. Kesimpulan dari penelitian adalah ada perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberi pendidikan kesehatan melalui media hand lettering tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut. Dan adanya peningkatan pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Saran penulis yaitu guru lebih berperan aktif dalam memberikan inovasi baru terhadap pemberian pendidikan mengenai kesehatan gigi dan mulut.dan guru diberikan pelatihan mengenai kesehatan gigi dan mulut sehingga dapat memberikan informasi kesehatan kepada murid dengan berbagai inovasi baru.
Download From Google Drive