Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perawatan Selama Kehamilan Di Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2020

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Zakiyah, Ulfa
Advisor:
Putri, Yelmi Reni
Wahyuni, Aria
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pengalaman, motivasi, peran petugas kesehatan, dukungan keluarga, perawatan selama kehamilan, ANC.
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan antenatal terpadu atau dengan istilah Antenatal care (ANC) adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu hamil yang dilakukan oleh
tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Proses ini dilakukan selama
rentang usia kehamilan ibu yang dikelompokkan sesuai usia kehamilan menjadi
trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperoleh hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi perawatan selama kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di wilayah kerja puskesmas tigo baleh kota bukittinggi dengan menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Data di oleh menggunakan komputerisasi uji chi square.
Dari hasil univariat didapatkan bahwa 29 responden (58,0%) yang memiliki pengalaman kurang baik, 30 responden (60,0%) motivasi baik, 29 responden (58,0%) peran petugas kesehatan kurang baik, 31 orang (62,0%) dukungan keluarga mendukung, 22 orang (44,0%) yang melakukan perawatan selama kehamilan. Secara bivariat Pengalaman dengan perawatan selama kehamilan p value= 0.474, Motivasi responden dengan perawatan selama kehamilan p value= 0.027 dan OR= 3.923, Peran Petugas Kesehatan dengan perawatan selama kehamilan p value= 0.000 dan OR= 12.267, Dukungan Keluarga dengan perawatan selama kehamilan p value= 0.049 dan OR= 3.400. Kesimpulan hasil penelitian sebagian besar responden memiliki pengalaman kurang baik, motivasi baik. Saran dari hasil penelitian agar dapat menambah pengetahuan ibu mengenai perawatan selama kehamilan.
Download From Google Drive