Analisis Kualitas Pelayanan Kebidanan Bidan Desa Di Kecamatan Sungai Aur, Gunung Tuleh Dan Kecamatan Sasak Ranah Pesisir Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Syafrinawati
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis, Kualitas Pelayanan, Bidan Desa.
DOI:
-
Abstract :
Suistanable Development Goals (SDGs) mengatakan permasalahan yang
belum tuntas ditangani adalah upaya penurunan angka kematian ibu (AKI). tahun 2019 AKI Indonesia masih tetap tinggi, yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi, analisis, interprestasi dan faktor yang paling berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan Kebidanan Bidan Desa di Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020. Metode penelitian ini merupakan campuran / kombinasi (mixed methods). Pengumpulan data kualitatif dengan wawancara mendalam (indepth interview) sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Desember - Januari di Kabupaten Pasaman Barat tahun 2020. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Bidan desa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Data di analisa secara univariat dan bivariat dan multivariat. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kebidanan bidan di Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie yaitu beban kerja dengan Pvalue = 0.026. Dan untuk kualitatif ada Input (Kebijakaan standart pelayanan kebidanan, Sumber daya manusia yang ikut berperan dalam pelayanan kebidanan, sarana prasarana yang diperlukan di desa, dan dana yang digunakan untuk peningkatyan kualitas pelayanan), Proses (Metode pelaksanaan pelayanan
kebidanan dengan menggunakan 24 standart pelayanan), dan Output (Hasil
pencapaian pelayanan kebidanan). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bidan melaksanakan pelayanan tidak terlepas dari dengan standart pelayanan kebidanan yang telah ditetapkan, yaitu 24 standart pelayanan kebidanan. Diharapkan bidan dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan dan memberikan pelayanan sesuai standart, serta untuk mengurangi beban kerja diharapkan agar ada tenaga pendamping bidan dari Puskesmas untuk membantu kegiatan dilapangan.
Download From Google Drive