Analisis Kualitas Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 Puskesmas di Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Herlin, Desvi
Advisor:
Sulung, Neila
Abidin, Zainal
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kualitas Pelayanan, Pelaksanaan, Puskesmas, Covid-19.
DOI:
-
Abstract :
Pelayanan kesehatan adalah segala upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit. Terciptanya kualitas layanan tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan. Pelayanan terkait kasus COVID-19 di Puskesmas dilaksanakan terintegrasi dengan pelayanan lainnya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi komparasi dengan metode wawancara mendalam, FGD dan observasi di Puskesmas Balai Selasa, Puskesmas Kambang, Puskesmas Salido dan Puskesmas Koto Baru di
Kabupaten Pesisir Selatan. Informan penelitian ini berjumlah 16 orang dan 24 orang peserta FGD. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan teori.Hasil penelitian menunjukkan Kebijakan yang digunakan Kabupaten Pesisir Selatan berasal dari Permenkes, Peraturan Daerah, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, SDM dibutuhkan tambahan petugas, Dana yang digunakan dana BLUD dan tambahan dari Dinas Kesehatan setempat, Sarana dan Prasarana masih belum mencukupi. Perencanaan yang dibuat sesuai Permenkes dan SOP, Pelaksanaan pelayanan belum berjalan dengan baik, Monitoring dan Evaluasi dilakukan pemantauan rutin pada saat rapat internal manajemen. Output kualitas pelayanan perlu ditingkatkan.
Kesimpulan penelitian ini adalah pada input SDM dibutuhkan penambahan
petugas. Dibutuhkan Dana dan Sarana Prasarana tambahan, untuk Proses pelaksanaan pelayanan belum berjalan dengan optimal serta output kualitas pelayanan perlu ditingkatkan. Diharapkan Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas dapat bekerjasama meningkatkan kualitas pelaksanaan pelayanan puskesmas.
Download From Google Drive