Analisis Kualitas Pelayanan Kebidanan Bidan Desa di Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Efrinayanti, Ike
Advisor:
Hasnita, Evi
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis, Kualitas Pelayanan, Bidan Desa.
DOI:
-
Abstract :
Salah satu permasalahan yang belum tuntas ditangani dalam Sustainable
Development Goals (SDGs) adalah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) di
Indonesia, AKI Sumatera Barat tahun 2019 yaitu 155/100.000 KH dan Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 19 kasus tahun 2020. Tujuan penelitian mendapatkan deskripsi, analisis, interpretasi dan faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kebidanan bidan desa di Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020.
Penelitian menggunakan mixed methods (campuran), dilakukan pada
Desember 2020 s/d Januari 2021 dengan teknik total sampling (64 bidan desa).
Untuk penelitian kualitatif informannya kepala dinas kesehatan, kepala
puskesmas, wali nagari, bidan desa dan bidan praktek mandiri. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kualitas pelayanan adalah pendidikan (OR=6,8), kepemilikan STR dan SIPB (OR=5,12), beban kerja (OR=0,076) dan sarana dan prasarana (OR=8,571). Faktor yang paling berpengaruh adalah beban kerja (OR=16,495). Hasil penelitian kualitatif menunjukkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan monitoring evaluasi sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kendala diantaranya sarana prasarana yang belum lengkap, tenaga yang masih kurang, kinerja bidan desa yang belum optimal. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan kebidanan bidan desa sudah dilaksanakan, tetapi kualitas pelayanan kebidanan bidan desa belum dilaksanakan secara maksimal sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan kebidanan bidan desa.
Download From Google Drive