Evaluasi Pending Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD M.Natsir Tahun 2019

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Isweli, Vivi
Advisor:
Sulung, Neila
Naili, Syafrian
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Evaluasi, kelengkapan administrasi klaim, pending klaim.
DOI:
-
Abstract :
Salah satu subsistem yang terdapat dalam sistem kesehatan ialah subsistem
pembiayaan kesehatan. Untuk itu, dalam rangka memahami dengan jelas dan
lengkap sistem kesehatan maka perlulah dipahami pula tentang subsistem
pembiayaan kesehatan. Namun dalam kenyataan hal ini masih kurang dimengerti dan dipahami sepenuhnya dimana masih terdapat permasalahan antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan tuntutan pengajuan klaim dan rumah sakit, yaitu pengajuan klaim Rumah Sakit tidak sesuai dengan hasil verifikasi dari BPJS Kesehatan (pending klaim) sehingga menimbulkan masalah bagi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pending klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD M.Natsir Solok Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan retrospektif dilakukan bulan Desember 2020 sampai Januari 2021 dan informan sebanyak 20 orang dengan cara wawancara mendalam ( indepth interview ) terhadap manajemen RS ( Direksi ), PPA ( Profesional Pemberi Asuhan ), Koordinator, Koder dan BPJS Kesehatan. Hasil dari penelitian ini kebijakan dan SOP belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal, kekurangan tenaga koder, perifikator internal, tidak lengkapnya administrasi klaim, proses pengkodean ICD 9 dan ICD 10 belum sesuai kaidah koding, Aplikasi e-claim belum terkoneksi dengan SIMRS dan untuk dukungan manajemen belum diterapkannya reward dan punishment oleh pimpinan, sehingga membuat angka pending klaim tinggi rata-rata sebesar 20% sampai 30% dari BPJS Kesehatan setiap bulannya. Kesimpulan penelitian penyebab dominan pending klaim yaitu di proses (administrasi klaim tidak lengkap, pengkodean ICD 9 dan ICD 10 belum sesuai dengan kaidah koding , penggunaan aplikasi v-claim belum maksimal). Saran untuk pengalihan rekam medis manual ke rekam medis elektronik yang terkoneksi ke e-claim, pelatihan ICD 9 dan ICD 10, adanya reward dan punishment dari pimpinan.
Download From Google Drive