Literature Review : Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stress Kerja Pada Guru Sekolah Luar Biasa

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Yanti, Feby Dwi
Advisor:
Sari, Mila
Maisyarah
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Beban Keja, Lingkungan Kerja, Stres Kerja.
DOI:
-
Abstract :
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang mengalami kelainan dalam proses perkembangannya sehingga membutuhkan pendidikan khusus. Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi guru dalam memberikan proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, social dan memiliki kecerdasan dan bakat istimewa yang dimiliki anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan stress kerja pada guru di Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini menggunakan desain Study Literature Review yang diperoleh dari penelusuran artikel penelitian-penelitian ilmiah dari rentang tahun 2014-2020 dengan menggunakan database google schoolar, researchgate. Ada 39 artikel yang telah dilakukan proses identification, screening, dan eligibility terdapat 5 artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan hasil Study Literature Review dari artikel yang telah di review didapatkan bahwa hasil 5 artikel penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara beban kerja dengan stress kerja pada guru di Sekolah Luar Biasa dan 3 artikel penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara lingkungan kerja dengan stress kerja pada guru di Sekolah Luar Biasa. Berdasarkan artikel yang telah di analisis, disarankan kepada tenaga pendidik untuk menyesuaikan beban kerja dengan kemampuan fisik maupun kognitif guru serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk menurunkan stress kerja pada guru sehingga dapat menigkatkan produktifitas kerja pada guru Sekolah Luar Biasa.
Download From Google Drive