Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Jajanan Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam Kecamatan Baso Tahun 2020

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Fajri, Rahmad
Advisor:
Harisnal
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Pengetahuan, Peran, Teman, Orang Tua, Guru, Jajan.
DOI:
-
Abstract :
Latar belakang : Jajanan berkontribusi tinggi dalam asupan gizi dan energi anak usia sekolah. Data nasional menyebutkan 87% anak suka mengkonsumsi jajan di lingkungan sekolah. SDN 01 Baringin Anam berlokasi dekat dengan jalan raya serta di dekat pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemilihan makanan jajanan pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Baso Kabupaten Agam tahun 2019.
Metodelogi :Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi meliputi seluruh siswa keas IV,V, dan VI dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang dengan instrumen berupa kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square ( = 0,05).
Hasil : penelitian menunjukkan pengetahuan rendah 56.2%, peran teman sebaya kurang baik 53.1%, peran orang tua kurang baik 62.5%, peran guru kurang baik 50%, dan pemilihan makanan jajanan tidak baik 59.4%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p value = 0.028; OR=5.906), peran teman sebaya (p value=0.024 ; OR=5.714), peran orang tua (p value=0,006 ; OR=8.357), dan peran guru (p value=00,019 ; OR=12.571) dengan pemilihan makanan jajanan.
Kesimpulan :Dapat disimpulkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru adalah variabel yang berisiko tinggi terhadap pemilihan makanan jajanan. Diharapkan guru dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada anak didiknya untuk mengubah dan mempertahankan gaya hidupnya yang seimbang.
Download From Google Drive