Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Lanjut Usia Ke Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Gulai Bancah Kota Bukittinggi Tahun 2020

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Agoes, Fittri Hayati
Advisor:
Yanti, Cici Apriza
Novela, Vina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Tingkat kunjungan Lansia, Pengetahuan, Sikap, Dukungan Keluarga.
DOI:
-
Abstract :
Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) merupakan upaya yang tepat dan intensif untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif. Berdasarkan Laporan Tahunan Program Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Puskesmas Gulai Bancah memiliki cakupan paling rendah untukkunjungan lansia ke posyandu pada tahun 2019 hanya sebesar 55%angka ini sangat jauh dari target yang ditetapkan oleh Kementrian kesehatan yaitu sebesar 100 %.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan lansia ke posyandu wilayah kerja Puskesmas Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian dengan mendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia di posyandu wilayah kerja Puskesmas Gulai BancahKota Bukittinggi sebesar 448 responden. Sampel penelitian berjumlah 143 responden. Teknik pengambilan sampel secara simple random samping. Analisa data menggunkan uji chi- square dengan nilai = 0,05.
Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa 83 responden (58%) tidak rutin berkunjung keposyandu, 73 responden (51 %) berpengetahuan rendah, 89 responden (62,2%) memiliki sikap negatif, 87 responden(60,8%) tidak puas dengan pelayanan petugas dan 79 responden (55,2%) tidak mendapat dukungan keluarga. Hasil penelitian Bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara kunjungan lansia dengan pengetahuan p value= 0,000dan OR= 93,terdapat hubungan antara kunjungan lansia dengan variabel sikap p value= 0,011dan OR= 3, terdapat hubungan antara kunjungan lansia dengan variabel dukungan keluarga p value= 0,000 dan OR= 27. Tingkat pengetahuan, sikap dan dukungan kelurga merupakan faktor yang yang berhubungan dengan kunjungan lansia keposyandu. Disarankan agar petugas kesehatan bersama kader dan tokoh masyarakat dapat mensosialisasikan tentang pemanfaatan posyandu lansia dan kelurga selalu mendukung lansia agar rutin datang keposyandu untuk memantau kondisi kesehatannya.
Download From Google Drive