Literature Review : Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Poli Gigi di Indonesia

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Afdila, Rizki
Advisor:
Adriani
Novela, Vina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Assurance, Reliability, Responsiveness, Tangible, Empathy, dan kepuasan pasien poli gigi.
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dapat menciptakan persepsi dan kepercayaan pasien terhadap pelayanan tersebut. Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dapat ditentukan oleh faktor-faktor yang dinilai berdasarkan terpenuhinya beberapa dimensi mutu dari pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepuasan pasien terhadap pelayanan poli gigi di Indonesia. Penelitian ini merupakan telaah pustaka (literature review) dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian cross sectional. Tinjauan Literatur dilakukan melalui pencarian artikel yang relevan dari database elektronik Google Schoolar, Science direct dan Garuda. Sepuluh artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditentukan, yaitu rentang tahun 2015-2019, terdapat variabel Assurance, Reliability, Responsiveness, Tangible, Empathy, dan kepuasan pasien poli gigi, berbahasa Indonesia dan Inggris, teks lengkap, open access, dan merupakan jurnal akademik. Artikel dianalisis dengan menggunakan tabel matriks. Hasil penelitian diperoleh dimensi jaminan (Assurance) dan kehandalan (Reliability) rata-rata artikel menyatakan pasien sudah puas, namun kedua dimensi ini belum berpengaruh signfikan terhadap kepuasan pasien. dimensi daya tanggap (Responsivenes) pasien sudah puas dengan daya tanggap petugas. Dimensi tampilan fisik (Tangible) pasien puas dengan dimensi ini, namun pasien berharap adanya upaya peningkatan terhadap tampilan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Dimensi empati (Empathy) pasien merasa puas dengan sikap empati yang ditunjukkan petugas kesehatan gigi dan mulut, ketiga dimensi ini berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Secara umum pasien merasa puas terhadap pelayanan poli gigi di Indonesia ditinjau dari 5 dimensi mutu, namun masih dibutuhkan perhatian untuk terus meningkatkan mutu pelayanan poli gigi di Indonesia agar dapat memberikan kepuasan pasien dan tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggitingginya.
Download From Google Drive