Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan BPJS

Categorie(s):
   Jurnal nasional
Author(s):
   Putri, Yelmi Reni; Nurhayati; Zulfika
Advisor:

ISSN/ISBN:
2685-9068
eISSN/eISBN:
2685-1997
Volume:
Volume 3, No. 2 Agustus, 2020
Keyword(s):
Socializations, Resources, Facilities, Policy, Satisfaction, BPJS
DOI:
http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v3i2.839
Abstract :
Latar Belakang : Sebuah survei terhadap 10 pasien pengguna kartu BPJS yang mengunjungi Ruang Gawat Darurat dr. Achmad Darwis Suliki, diketahui bahwa 50% mengatakan kurangnya sosialisasi, 40% merasa lambat untuk mendapatkan layanan, dan 60% tidak tahu tentang aturan kebijakan BPJS berkenaan dengan penyakit dan gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh BPJS. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien dengan layanan BPJS. Metode: Metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua pasien pengguna kartu BPJS yang berkunjung ke Ruang Gawat Darurat Rumah Sakit D Dr. Achmad Darwis, dengan rata-rata 587 orang per bulan. Sampel sebanyak 100 orang yang diambil secara tidak sengaja. Hasil: Faktor yang diketahui terkait dengan kepuasan pasien adalah komunikasi / sosialisasi (p = 0,006 dan OR = 4,031), perawatan kesehatan (HR) (p = 0,028 dan
OR = 2,957) dan aturan kebijakan (p = 0,000 dan OR = 36,694). Kesimpulan:Disimpulkan bahwa tidak ada infrastruktur koneksi dengan kepuasan pasien. Oleh karena itu, diharapkan pekerja di ruang gawat darurat agar dapat mensosialisasikan layanan BPJS kepada pasien pengguna kartu BPJS, dengan memberikan brosur atau selebaran tentang masalah kesehatan yang dapat ditanggung oleh BPJS.