HUBUNGAN PERILAKU DENGAN KEPADATAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KELURAHAN KURANJI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Categorie(s):
   Jurnal nasional
Author(s):
   Sari, Mila
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:
2528-665X
Volume:
Vol.3, No. 2
Keyword(s):
perilaku, kepadatan vektor DBD
DOI:
Abstract :
Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan suatu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan hampir semua propinsi di Indonesia termasuk Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, karena penyakit ini penyebarannya sangat cepat dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB). Salah satu faktor penyebab KLB adalah berkembangnya penyebaran dan kepadatan nyamuk vektor. Kepadatan populasi nyamuk vektor ini sangat tergantung dari pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan perilaku (pengetahuan, sikap, tindakan) dengan kepadatan populasi nyamuk Aedes sp (House Index, Container Index, Breteau Index dan Pupae Index ) di Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Penelitian dilaksanakan secara observasional dengan desain penelitian cross sectional analitik. Subjek penelitian adalah ibu rumah tangga. Besar sampel penelitian sebanyak 84 ibu rumah tangga yang diambil secara acak di 18 RW di Kelurahan Kuranji. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman.

Hasil penelitian diperoleh adanya hubungan antara sikap, tindakan, dan perilaku dengan kepadatan vektor DBD (House Index, Container Index, Breteau Index dan Pupa Index ) (p0,05).

Disarankan kepada semua pihak supaya lebih mengoptimalkan upaya pemberantasan DBD dengan melaksanakan upaya 3M, fogging dan abatisasi secara rutin, terarah dan berkesinambungan.