HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, AKSES INFORMASI DENGAN PERAWATAN ORGAN GENITALIA EKSTERNA PESANTREN PARABEK

Categorie(s):
   Jurnal nasional
Author(s):
   Zuraida
Advisor:

ISSN/ISBN:
1693-2617
eISSN/eISBN:
2528-7613
Volume:
Vol. XIV, No.1
Keyword(s):
Pengetahuan, sikap, akses informasi, perawatan organ genitalia eksterna
DOI:
Abstract :
Hampir seluruh wanita dan remaja pernah mengalami keputihan, 60% pada remaja dan 40% pada Wanita Usia Subur (WUS). Penelitian bertujuan mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Akses Informasi Remaja Putri dengan Perawatan Organ Genitalia Eksterna di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Kabupaten Agam Tahun 2019.Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan pada Januari-Maret 2019.
Populasi penelitian adalah seluruh remaja putri tingkat Tsanawiyah yaitu 363 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner.
Analisa data meliputi analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 33,3% responden berpengetahuan kurang, 42,3% dengan sikap negatif, 23,1% dengan akses informasi kurang dan 44,9% responden dengan perawatan organ genitalia eksterna kurang baik. Ada hubungan pengetahuan (p = 0,003), sikap (p = 0,001, OR = 5) dan akses informasi (p = 0,001) dengan perawatan organ genitalia eksterna.Dapat disimpulkan pengetahuan, sikap dan akses
informasi berhubungan dengan perawatan organ genitalia eksterna. Diharapkan pihak Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek dapat selalu memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada peserta didik khususnya remaja putri agar pengetahuan tentang perawatan organ genitalia eksterna dapat ditingkatkan dan melakukan perawatan organ genitalia eksterna dengan baik.
  Download From Google Drive