FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANDIANGIN KOTABUKITTINGGI

Categorie(s):
   Jurnal nasional terakreditasi
Author(s):
   Mardiah, Ainal
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:
2528-66510
Volume:
Vol.5, No. 1
Keyword(s):

DOI:
Abstract :
Salah satu penyebab kematian ibu tertinggi di Kota Bukittinggi adalah anemia. Puskesmas Mandiangin adalah Puskesmas kedua tertinggi anemia, dari 56 ibu hamil sebanyak 29 ibu hamil mengalami anemia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status ekonomi, pendidikan, pekerjaan, umur, paritas, dan status gizi dengan anemia ibu hamil di wilayah kerja puskesmas Mandiangin Kota Bukittinggi. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 29 orang ibu hamil, dengan teknik pengambilan sampel dengan pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kejadian anemia dengan status ekonomi (p=0,03), pendidikan (p=0,02),pekerjaan (p=0,04), umur (p=0,00),paritas (p=0,00) dan status gizi (p=0,001). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara status ekonomi, pendidikan,
pekerjaan, umur, paritas dan status gizi dengan anemia pada ibu hamil. Disarankan kepada ibu hamil untuk aktif dalam pemeriksaan kehamilan agar anemia pada ibu hamil dapat di deteksi sejak dini.
  Download From Google Drive