Pengaruh Whatsapp Reminder Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Pentingnya Tablet Fe Di Nagari Batu Taba dan Biaro gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Tahun 2020

Categorie(s):
   Karya Tulis Ilmiah
Author(s):
   Frenika, Penti
Advisor:
Afriyanti, Detty
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Whatsapp reminder, pengetahuan dan sikap ibu hamil, tablet Fe.
DOI:
-
Abstract :
Anemia pada kehamilan didefinisikan sebagai konsentrasi hemoglobin yang kurang dari 12 gr/dl dan kurang dari 10 gr/dl selama kehamilan. WHO menyebutkan 40% kematian ibu dinegara berkembang berkenaan dengan anemia ibu hamil yang sebagian besar disebabkan oleh defisiensi zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh whatsapp reminder terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pentingnya tablet fe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain praeksperimen dengan one group pre test and post test design. Sampel pada penelitian ini adalah ibu hamil trimester II yang mempunyai hp android dan aplikasi whatsapp berjumlah 16 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret-april 2020 di nagari batu taba dan biaro gadang kecamatan ampek angkek kabupaten agam. Hasil dari penelitian menunjukan rata-rata pengetahuan responden sebelum intervensi adalah 3, 56 dan sesudah intervensi 8,00. Dan rata-rata sikap responden sebelum intervensi adalah 23,25 dan sesudah intervensi adalah 37,62. Hasil analisis statistic menunjukan p-value = 0,000.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya perubahan pengetahuan dan
sikap responden dengan intervensi whatsapp reminder pada kehamilan trimester II di nagari batu taba dan biaro gadang. Diharapkan kepada pihak puskesmas agar dilanjutkan memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil tentang tablet fe.
Download From Google Drive