Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Status Gizi Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Surian Kabupaten Solok Tahun 2020

Categorie(s):
   Laporan Tugas Akhir
Author(s):
   Suryani, Lili
Advisor:
Miharti, Sari Ida
Sari, Vitria Komala
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Status Gizi , Tingkat Pengetahuan, Status Ekonomi , Sosial Budaya.
DOI:
-
Abstract :
Status gizi ibu menyusui memegang peranan penting untuk keberhasilan menyusui yang indikatornya diukur dari durasi ASI ekslusif, pertumbuhan bayi dan status gizi pasca menyusui. Namun persentase cakupan pemberian ASI ekslusif kurang dari target Renstra 47%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Surian Kabupaten Solok Tahun 2020. Jenis penelitian survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari-Mei 2020. Populasi seluruh ibu menyusui yang mempunyai bayi umur 0-24 bulan yaitu 736 orang. Sampel diambil secara cluster random sampling dengan jumlah sampel 88 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dengan uji statistik Chi Square.
Hasil penelitian didapatkan, responden dengan pengetahuan rendah baik
tentang status gizi (31.8%), status ekonomi rendah (56,8%) dan sosial budaya positif (12,5%). Untuk hubungan pengetahuan dengan status gizi p=0,004, untuk hubungan status ekonomi dengan status gizi p=0,074 dan untuk hubungan sosial budaya dengan status gizi ibu menyusui p=0,000. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan pengetahuan dan sosial budaya dan terdapat tidak ada hubungan status ekonomi dengan status gizi ibu menyusui. Upaya pendidikan gizi dan perbaikan pola makan untuk ibu menyusui harus dilakukan sejak masa kehamilan.
Download From Google Drive