Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Yunida, Rahmi
Advisor:
Sulung, Neila
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles, Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) dan Kepuasan pasien.
DOI:
-
Abstract :
Latar Belakang : Upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dilakukan penerapan pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019. Metode : Penelitian analitik ini dengan desain cross sectional menggunakan mixed methods, dilakukan di wilayah kerja puskesmas Kabupaten Pasaman Barat, pada bulan Mei-Juni 2019. Sampel kuantitatif 400 orang Pengambilan sampel menggunakann Multistage Random Sampling dan accidental sampling dengan variabel Reliability, Responsiveness,Assurance,Empathy,Tangibles dengan analisa univariat, bivariat, multivariat.untuk kualitatif 14 informan menggunakan komponen input,proses dan output. Hasil : didapatkan ada hubungan antara Reliabilitas (Reliability)/Kehandalan Petugas terhadap Kepuasan Pasien dengan pValue = 0,029, Daya Tanggap (responsiveness) ada hubungan terhadap kepuasan Pasien dengan pValue = 0,003, Jaminan (Assurance) ada hubungan dengan Kepuasan pasien dengan pValue = 0,029, faktor yang paling dominan mempengaruhi Pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) terhadap kepuasan pasien adalah daya tanggap. Kesimpulan : disarankan untuk Dinas Kesehatan meningkatkan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KBK, bagi puskesmas meningkatkan kualitas pelayananan, Analisa beban kerja petugas dan disiplin pengentrian indikator KBK.
Download From Google Drive