Analisis Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pasaman Tahun 2019

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Harun, Herman
Advisor:
Wijayantono
Abidin, Zainal
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien.
DOI:
-
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan di puskesmas adalah produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang rumit antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Pelayanan puskesmas yang bermutu akan menjadi salah satu faktor penentu upaya peningkatan status kesehatan masyarakat Tujuan penelitian ini mengetahui analisis mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas rawat inap kabupaten pasaman tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain crossectional study. Sampel penelitian adalah 195 responden di Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pasaman. Untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien dilakukan analisis dengan uji chis-quare dan Uji Regresi Logistik Berganda. dengan derajat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan analisis dengan menggunakan uji chi-square diperoleh ada hubungan reliability (0,023), responsiveness (0,018), assurances (0,009), empathy (0,005), tangibles (0,0005) dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas rawat inap Kabupaten Pasaman tahun 2019. Hasil multivariate diperoleh dari 5 variabel, 1 variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu tangibles (0,0005). Hasil wawancara membuktikan bahwa secara keseluruhan wujud fisik di psukesmas rawat inap di Kabupaten Pasaman sudah baik. Hal ini dilihat dari kebersihan ruangan, kerapian petugas kesehatan dan alat yang sudah bersih/steril. Disimpulkan bahwa tangibles /wujud fisik paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Maka dari itu kepada petugas kesehatan dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien terutama tentang wujud fisik di Puskesmas.
Download From Google Drive