Analisis Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di RSUD Dr. Achmad Darwis Kabupaten Lima Puluh KotaTahun 2019

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Yanti, Irma Esi
Advisor:
Asbiran, Nursal
Sulung, Neila
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Analisis, Kepuasan, Pelayanan.
DOI:
-
Abstract :
Hasil penilaian dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada bulan Maret 2019 didapatkan masih banyak ketidakpuasan pasien antara lain dari segi waktu tunggu layanan dokter spesialis di poli yaitu 60%, pemberian informasi dan penanganan keluhan pasien 40 %, petugas rumah sakit baik petugas administrasi maupun dokter atau perawat bersikap ramah dalam melayani pasien 30%. Kepuasan pelanggan atau pasien adalah hal yang sangat penting yang tidak bisa di abaikan oleh para penentu kebijakan di bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiindekskepuasanpasien terhadap pelayanan di RSUD DrAchmadDarwis Tahun 2019. Penelitian dengan metode mix method dilaksanakan pada tanggal 25 Juni s/d 30 Juli 2019. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 93 orang yang diambil secara accidental sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program komputerisasi. Hasil penelitian diperoleh hubungan antara persyaratan, sistim mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk spesifikasi, jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, sarana dan prasarana dengan indeks kepuasan pasien. Variabel yang paling berpengaruh adalah waktu penyelesaian.Hasil penelitian kualitatif, pada kmponen input yaitu kebijakan, tenaga, dana dan sarana prasarana sudah sesuai dengan syarat akreditasi rumah sakit untuk meningkatkan indeks kepuasan pasien. Komponen proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standard pelayanan minimal (SPM) rumah sakit. Secara umum Indeks kepuasan masyarakat di RSUD dr. Achmad Darwis dapat dikatakan cukup baik karena sebagian besar pasien sudah merasa cukup puas dengan pelayanan yang di berikan rumah sakit namun masih perlu beberapa tindakan perbaikan terutama pada waktu penyelesaian pelayanan.
Download From Google Drive